Sabtu, 16 September 2017

Is Title



5 PELUKIS TERKENAL DI INDONESIA 


[ BAGIAN 1 ]

Seniman Affandi
Seniman Terkenal di Indonesia

1. AFFANDI KOESOEMA

Asal  Affandi

Affandi yaitu seorang seniman terkenal di Indonesia yang terlahir di Cirebon , Jawa Barat pada tahun 1907. Affandi mengeyam pendidiakan formal di Hollandsch Inlandsche School (HIS) , Meer Uitgebreid Lager Onderwij (MULO) , dan Algemeene Middlebare School (AMS).
Pada tahun 1933 , sempurna saat umurnya 26 tahun , Affandi menikah dengan seorang wanita asal Bogor , Jawa Barat yaitu Maryati. Lalu keduanya dikaruniai seorang anak permpuan yang kemudian diberi nama Kartika Affandi.

Pengalaman Affandi

Pada tahun 1943 , Affandi mengadakan bazar tunggal pertamanya di Gedung Poetera Djakarta. Tokoh pahlawan  yaitu empat serangkai pun ikut bergabung untuk memimpin seksi kebudayaan poetera.
Pada tahun 1945 , Affandi mendapat peran untuk membuat poster dengan menggambarkan seorang yang dirantai tapi rantainya terputus. Selain itu , Affandi juga menuliskan kata “Boeng , ayo boeng”. Berkat lukisannya yang mengagumkan , jadinya Affandi mendapat beasiswa kuliah jurusan melukis di Santiniketan , India. Affandi mendapat penolakan di India sebab Affandi dinilai sudah tidak membutuhkan pendidikan lagi dalam seni lukis. Sehingga uang beasiswanya ia gunakan untuk mengadakn bazar keliling di India.
Selama hidupnya , telah tercatat kurang lebih 2.000 karya lukis yang dihasilkan oleh Affandi. Hasil karyanya tersebut dipamerkan ke banyak sekali negara di dunia di setiap benua. Di benua Eropa , Affandi mengadakan bazar di London , Amsterdam , Brussels , Paris dan Roma. Di benua Amerika , mengadakan bazar di Brazilia , Venezia , San Paulo , dan Amerika Serikat. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan dan memperkenalkan karya-karyanya kepada para pencinta seni lukis.
Dari hasil karya yang dihasilkannya , Affandi dikenal sebagai pelukis yang menganut fatwa Ekspresionisme atau abstrak. Hal ini mengakibatkan karyanya sulit dipahami oleh orang awam perihal seni lukis kalau tidak ada penjelasan. 
Pada tahun 1997 , Affandi mendapat hadiah perdamaian dari International Dag Hammershjoeld untuk menjadi anggota Akademi hak asasi insan di Castelo San Marzano Florence , Italia. Pada tahun 1987 , Affandi mendapat penghargaan "Bintang Jasa Utama" dari Indonesia. Sejak tahun 1986 , Affandi juga diangkat menjadi anggota dewan penyatun Institut seni Indonesia di Wakil Presiden Indonesia tahun 1972-1978 di Yogyakarta. Dan pada Mei 1990 , Affandi meninggal dan dimakamkan di bersahabat museum yang ia dirikan.

Selanjutnya , seniman terkenal di Indonesia yang kedua yaitu Basuki Abdullah. 

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Rahasia Artis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz