Minggu, 17 September 2017

BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN “ Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq”

BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN
“ Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq”

Setelah  nabi Muhammad s.a.w.  wafat , kepeminmpinan dilanjutkan oleh khulafaur-rasyidin yang berjumlah empat orang. Salah satunya ialah debu bakar ash-shiddiq memimpin pada 11-13 H atau 632-634 M.

Abubakar ash-shiddiq lahir pada tahun gajah di makkah. Nama asli debu bakar ash-shiddiq ialah abdul-Ka’bah. Kemudian diganti  oleh Rasulullah menjadi Abdullah. Nama debu bakar hanyalah sebuah julukan yang diberikan karena dia ialah orang yang pertama kali masuk islam dan dia diberikan nama perhiasan ash-shiddiq yang artinya ialah membenarkan. Nama ash-shiddiq diberikan karena debu bakar ialah orang yang pertama kali membenarkan Rasullulah pada saat isra’ Mi’raj.
Setelah menjadi cukup umur dia dikenal sebagai pedagang yang sangat disiplin , jujur , dan pemurah selain andal dalam berdagang debu bakar ash-shiddiq ini juga cerdas dan sangat mempunyai wawasan pengetahuan yang luas menyerupai bakir dalam bidang sejarah , sastra , diplomat , dan politikus. Berbekal kecerdasan dan mempunyai ilmu yang luas debu bakar ash-shiddiq tidak ingin mengikuti jejak nenek moyangnya yang seorang quraisy yang sering mabuk mabukan dan berfoya foya. Karena dia tau bahwa pekerjaan tersebut ialah pekerjaan yang haram dan dapat berakibat buruk.

Ilustrasi Abu Bakar ash-Shiddiq

Sejak kecil debu bakar ash-shiddiq sudah mengenal Nabi Muhammad s.a.w. selama berteman dengan nabi Muhammad debu bakar ash-shidiq tidak pernah mengalami perselisihan yang dapat merenggangkan kekerabatan persahabatan keduanya.
Hubungan debu bakar dengan nabi Muhammad semakin bersahabat setelah nabi Muhammad menikah dengan anak debu bakar yaitu aisyah. Setelah wafatnya rasullullah , debu bakar ditunjuk sebagai imam shalat yang menggantikan rasullullah . Atas persetuuan kaum Muhajirin dan Anshar debu bakar diangkkat menjadi khalifah pertama yang menggantikan Rasullullah sebagai pemimpin tertinggi kaum muslim sekaligus menjadi kepala Negara serta kepala pemerintahan. Meski ditentang oleh sebagia kaum Syiah karena menurut mereka nabi perah memilih Ali bin Abi Thalib sebagai penggantinya , namuun Ali bin  Abi Thalib menyatakan bahwa dia akan setia dan mendukunng Abuu Bakar sebagai Khalifah. Saat itu , umat islma berirkan untuk menetapkan Abu Bakar ash-Shiddiq sebagai khalifah. Ikrar tersebut dikenal sebagai ikrar Tsaqiifa karena ikrar tersebut diselenggarakan ditempat berjulukan Tsaqifa.

Ilustrasi 4 Khulafaur Rasyidin

Setelah dia menjadi khalifah , debu bakar disibukan oleh sebuah pemberontakan dan pelurusan aqidah yang melenceng setelah rasullulah wafat. Banyak kaum muslim yang tipis imannya menjadi murtad , mereka berusaha menyerang kota Madinah. Tetapi debu bakar berhasil menumpas kelompok tersebut sebelum memasuki kota madinah dengan sumbangan Ali bin Abi Thalib sebagai panglima perang beserta thalhah bin ubaidilah dan Abdullah bin ma’sud. Tidak hanya itu debu bakar ash-shiddiq juga menghadapi orang orang yang megaku bahwa mereka ialah nabi gres yaitu Musailamah al_kadzdzab , Thulaihah bin Khuwalid al-aswad dan mereka ingin menghancurkan madinah. Tetapi nabi palsu itu gagal untuk menyerang madinah karena khalid bin walid , ikrimah , muhajirin bin umaiyah berserta pasukannya dapat meruntuhkan kaum nabi nabi palsu tersebut.
Abu Bakar ash-Shddiq juga memerangi kaum yang tidak membayar Zakat alasannya ialah orang orang tersebut beranggapan bahwa kewajiban membayar zakat tida ada lagi setelah wafatnya nabi Muhammad s.a.w. maka demikian debu bakar akan memreangi orang orang yang menolak menyerahkan aanak kambing menjadi zakat.
Dengan gugurnya 140 orang penghafal al-Quran dalam pentempuran di yamamah dan sumur marwah , maka umar bin khatab kawatir kalau tidak akan ada para penghafal al-Quran lagi. Maka umar bin khatab mengusulkan kepada debu bakar ash-shiddiq untuk mengumpulkan ayat ayat al-Quran. Dalam penulisan ayat yat al-Quran ini debu bakar menyuruh zaid bin tsabit menuliskan ayat ayat al-quran di pelapah kurma , kerikil , daun-daun ,tulang unta , tanah dan juga dari sahabat sahabat yang hafal al-Quran. Setelah ditulis dilembaran lembaran , ayat ayat al-Quran diikat dengan besar lengan berkuasa dan disusun sebagaimana telah ditetapkan oleh Rasullulah .
Setelah usainya pemberontakan dan banyak sekali macam dilema internal , debu bakar ash-shiddiq mellanjutakan misi Rasullulah yaitu untuk menyebarluaskan syiar islam keluar Jazirah arab dan seluruh dunia. Abu bakar ash-shiddiq mengutus orang orang ke percayaan menuju ke Bizantium dan Sassanid sebagai misi penyebarann agama islam.
Pada ketika debu bakar ash-shiddiq sedang sakit , dia memerintahkan Umar bin Khaththab untuk menjadi keyakinan shalat untuk menggantikan beliau. Abu bakar ash-Shiddiq wafat pada tanggal 12 Jumadil-akhir 13 H , bertepatan pada tanggal 12 Agustus 634 pada umur 63 tahun dan telah memimpin selama 2  tahun 3 bulan . Beliau dimakamkan di sisi makam Rasulullah s.a.w. di masjid Nabawi Madinah. Abu bakar ash shiddiq membuat wasiat pemimpin atau khalifah digantikan oleh Umar bin Khaththab  agar tidak terjadi perpecahan kaum.



0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Rahasia Artis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz