Selasa, 01 Agustus 2017

Sang Raja Lagu Reggae Bob Marley

Bob Marley , yang ada dalam benak kita biasa nya ialah ganja dan lagu reggae , tokoh yang satu ini memang juga sangat dikenal dengan kecintaan dengan lagu reggae sampai-sampai di sering disebut icon dari musik reggae dan di kehidupan nya pun Bob Marley di kait-kaitkan dengan tanaman ganja , nama lengkap Bob marley ialah Robert Nesta Marley , Ayahnya ialah penjaga tanah perusahaan crown lands milik dari Pemerintahan Inggris , yang telah menjajah tanah kelahiran Bob Marley semenjak tahun 1660-an.

Bob marley lahir pada tanggal 6 Februari 1945 di nine mile , Saint ann , Jamaika Bob Marley memiliki ke kasih yang telah menjadi istrinya yang berjulukan Rita Marley mereka menikah pada Februari 1966 , Bob Marley mengawali karier nya dengan bermusik dengan band nya yang berjulukan The Waillers , Grup band ini dia bentuk bersama dengan dua temannya yang berjulukan  Peter Tosh dan Bunny Livingston yang mereka bentuk pada tahun 1963.

Grub band Bob Marley yang berjulukan The Waillers ini telah menghasil kan beberapa karya dan berkolaborasi dengan Lee Scratch Perry ,  menghasil kan beberapa karya yaitu salah satunya menyerupai hit-hit unggulan dengan tajuk Soul Rebel , Duppy Conquerer , 400 Year Small Axe. Namun Kolaborasi itu tidak berujung dengan baik alasannya ialah perry menjual karya The waillers di inggris tanpa sepengetahuan sama sekali dari pihak waillers. Namun peristiwa itu berbuah manis , Pemilik dari Island Record Chris Blackwell mengontrak wallers dan memproduseri album mereka yang bertajuk CATCH A FIRE dan BURNIN.

Pada tahun 1976 , Bob marley melaksanakan hijrah ke Inggris , namun karya nya tidak membuahkan hasil yang baik , Karena EXODUS telah berhasil lebih dulu di British Charts selama 56 ahad lamanya. Lalu pada album selanjutnya yaitu KAYA. Kesuksesan dari album ini bisa mengantarkan musik reggae ke dunia barat untuk pertama kalinya.

Kabar buruk mulai bermunculan dari Bob Marley , ternyata pada tahun 1977 Bob Marley divonis terkena flu dan ini semua sudah lama dia sembunyikan dari publik , lalu dia kembali ke Jamaica pada tahun 1978 dan mengeluarkan album yang bertajuk SURVIVAL pada tahun 1979 diikuti oleh kesuksesan nya tur keliling eropa.

Bob Marley melaksanakan 2 pertunjukkan di Madison Square Garden dalma rangka merangkul seluruh warga kulit hitam yang berada di amerika serikat . Namun lagi lagi muncul kabar buruk pad tanggal 21 September 1980 , Bob marley pingsan pada ketika dia jogging di NYC’s Central Park. Kankernya telah menyebar hingga ke otak , paru-paru , lalu dia karenanya wafat pada 11 mei 1981 di usia nya 36 tahun dia meniggal di Miami Hospital

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Rahasia Artis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz